Recycle Bin

Pernahkah Anda menghapus atau membuang sebuah data, tetapi tidak lama kemudian baru Anda sadari bahwa data tersebut masih Anda perlukan? Dengan menggunakan Windows 95 maka hal tersebut bukanlah masalah. Recycle Bin memungkinkan pencarian dan pengambilan data-data yang telah dihapus dengan cepat dan mudah.

Setiap data pada Windows 95 yang telah dihapus (delete) tidak sepenuh-nya telah hilang. Data tersebut pertama-tama akan disimpan di dalam Recycle Bin, di mana nantinya dapat diambil kem-bali jika diperlukan. Ricycle Bin adalah sebuah bagian dari harddisk yang ukuran kapasitasnya dapat Anda tentukan sendiri. Perlu diperhatikan: Recycle Bin hanya menampung data-data yang berasal dari harddisk. Data-data yang berasal dari disket atau Network yang telah dihapus tidak dapat ditampung atau diambil kembali dari Recycle Bin.

Recycle Bin Sebagai Tempat Pertama Setiap Data yang Dihapus

Jika Anda menghapus sebuah data dalam harddisk lokal, maka Windows akan secara otomatis akan menempatkan data tersebut untuk pertama kali di dalam Sebelum Windows menghilangkan (delete) obyek-obyek dan memindahkannya (remove) ke dalam Recycle Bin, maka Window akan menanyakannya terlebih dahulu, apakah pros-es ini disetujui atau tidak, sejauh pengaturan (setting) standar yang diberikan tidak diubah. (lihat halaman 86) Jika Anda mengijinkan Windows untuk melakukannya, kliklah tombol "Yes" Atau dapat Anda membatalkan dengan meng-gunakan tombol "No" Untuk mengetahui apakah di dalam Recycle Bin sudah terdapat file yang telah dibuang, Anda dapat melihatnya dari tampilan Icon-nya. Recycle Bin kosong Recycle Bin terisiUntuk dapat mengulang (Undo) langkah terakhir, pilihlahmenu perintah "Edit /Delete" yang terdapat pada Windows Explorer, maupun dalam My Computer. Atau dengan menggunakan kom-binasi tombol [Ctrl + Z] untuk Undo. Maka dalam sekejap data yang telah dihapus tadi akan kembali berada di tem-patnya semula.

Mengembalikan Data dengan Cepat

Cara yang paling cepat untuk dapat mengambil kembali data-data yang telah dihapus, tidak berbeda dengan yang sering Anda lakukan dalam Word, Excel, dan program-program lainnya, yaitu dengan meng-gunakan fungsi Undo. Fungsi ini dapat Anda temukan di dalam "Windows Explorer", maupun dalam ‘My Computer". Dengan fungsi ini Anda dapat mengembalikan 10 langkah terakhir Anda, sehingga jika terjadi kesalahan, seperti: secara tidak sengaja menghapus sebuah data, maka langkah yang salah tersebut dapat diulang dan data yang dihapus tadi dapat dimasukkan kembali ke dalam harddisk.

Menguasai Windows 95

Dalam kursus singkat berseri ini, CHIP akan memperkenalkan cara-cara untuk menyelamatkan data-data yang telah dihapus, men-delete, me-ngosongkan dan mengatur Recycle Bin. CHIP 2/98: Teknik Drag & Drop CHIP 3/98: Mengenal Desktop Recycle Bin sehingga data tersebut tidak sepenuhnya lenyap dari dalam harddisk Anda.

UNTUKPEMULA

l

Dengan menggunakan mouse (Drag&Drop), Anda dapat memindahkan data-data yang berada di dalam Recycle Bin kembali ke harddisk.

Memeriksa Recycle Bin dan Mengembalikan Data

Data-data atau File-file apa saja yang terdapat di dalam Recycle Bin juga dapat Anda ketahui dengan mudah. Untuk itu, klik gandalah pada Icon Recycle Bin yang terdapat pada Desktop ataupun di dalam Windows Explorer. Untuk dapat kembali menempatkan sebuah atau beberapa data ke tempatnya semula, tandailah data tersebut dan kemudian pilihlah perintah "Restore". Windows akan langung memindahkan data itu ke tempat di mana data tersebut berada sebelum dihapus (Delete). Pada kolom "Date Deleted" dapat Anda ketahui kapan sebuah data dihapus. Jika Anda ingin mengetahui dari dalam direktori atau harddisk mana sebuah data yang telah dihapus itu berasal, maka aktifkanlah tombol [Details] untuk menampilkan kolom "Original Location". Atau dengan menggunakan menu perintah "View/Details" Setelah menandai data-data mana saja yang akan dihapus, jalankan perintah "File/Delete".

Menghapus Data di dalam Recycle Bin

Begitu kapasitas Recycle Bin penuh, maka Windows akan memulai pekerjaannya untuk menghapus semua data yang ada di dalam Recycle Bin tersebut. Tetapi jika Anda hanya ingin menghapus data-data tertentu saja di dalam Recycle Bin, maka Anda dapat melakukannya secara manual. Setelah menandai data-data mana saja yang akan dihapus, klik tombol kanan mouse dan

pilihlah "Delete" yang terdapat pada menu perintah yang muncul.

3

l

BELAJAR BELAJAR WINDOWS 95

Jika data di dalam Recycle Bin telah dihapus, maka data tersebut tidak dapat lagi ditemukan dan diambil kembali.

1.Jika Anda memiliki program "UnErase Wizard" dari Norton Utilities, maka berbagai fasilitas tambahan akan diberikan. Ini dapat Anda temukan dalam berbagai menu perintah untuk Recycle Bin Anda.

2. Berbeda dengan Windows 98, Recycle Bin pada Windows 98 dapat mengerti folder. Jika Anda memindahkan sebuah folder ke Recycle Bin (menghapus), maka folder termasuk file-file dan sub-folder yang ada di dalamnya akan turut berpindah ke dalam Recycle Bin. Dengan begitu, maka jika diperlukan pemakai dapat mengembalikan seluruh folder termasuk isinya sekaligus. Tetapi sayangnya isi folder tetap tidak dapat dikembalikan sendiri-sendiri. Di sini Anda dapat menentukan kemampuan daya tampung Recycle Bin Anda dalam pros-entase. Windows telah menempatkannya di nilai 10 persen. Untuk harddisk berkapasitas mulai dari 1 Giga, sebaiknya Anda menem-patkannya di nilai persen. Dengan menjaga agar perin-tah ini tetap aktif, maka Windows akan selalu mem-perlihatkan sebuah tampilan peringatan sewaktu Anda mengosongkan Recycle Bin. Dengan mengaktifkan perintah ini, maka Anda akan merubah fungsi Recycle Bin. Setiap data yang telah diha-pus, tidak akan ditempatkan ke dalam Recycle Bin, tetapi langsung dihilangkan oleh Windows. Anda dapat menentukan daya tampung atau kapasitas Recycle Bin Anda. Untuk itu, kliklah tombol kanan mouse pada Icon Recycle Bin, dan kemudian pilihlah perin-tah "Properties".

Kapasitas Recycle Bin

Kliklah tombol kanan mouse pada Icon Recycle Bin, setelah itu pilihlah perintah "Empty Recycle Bin".

Mengosongkan Recycle Bin

Tentu saja jika melihat Icon Recycle Bin yang telah penuh dengan data-data, Anda ingin segera mengosongkan Recycle Bin Anda tanpa harus menunggu Windows untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Hal ini dapat Anda lakukan langsung di dalam desktop tanpa harus membuka Recycle Bin.

Dikutip dari CHIP 4 ’98 (Halim 7196016).

5

l

l